Jumat, 08 Februari 2008

Pengaturan Kecepatan Mobil Listrik MARLIP Dengan Solid State DC-Chopper 400A

Pengaturan Kecepatan Mobil Listrik MARLIP
Dengan Solid State DC-Chopper 400A

Oleh : Masrah*

Abstrak
Sejak tahun 1999, PUSLIT TELIMEK LIPI telah menetapkan program pengembangan mobil listrik ringan MARLIP yang berbasis pada aplikasi sumber energi batere yang dikonversi ke energi gerak (putaran roda) dengan menggunakan Motor Traksi DC Seri. Salah satu kendala yang dihadapi adalah tidak tersedianya produk lokal alat pengatur kecepatan motor DC seri kecuali produk impor yang relatif mahal.
Awal tahun 2000, PUSLIT TELIMEK LIPI bertekad untuk mengembangkan sendiri alat pengatur kecepatan kecepatan motor DC seri yang berbasis kepada aplikasi teknik DC-Chopper 200 Ampere. Sampai dengan akhir tahun 2002, hasil yang dicapai kurang memuaskan untuk memenuhi tuntutan persyaratan teknis spektrum aplikasi mobil listrik MARLIP untuk berbagai penggunaan (Multi-purpose Light Electric Vehicle). Pada tahap awal ini ditetapkan desain DC-Chopper berkapasitas 400 Amper untuk memenuhi spektrum mobil listrik MARLIP 36V/2.5HP sampai dengan 48V/3.5HP
Tulisan ini membahas secara umum tentang “basic design” dari Solid State DC-Chopper 400 A, yang memberikan gambaran secara jelas mengenai kriteria/persyaratan desain untuk memenuhi tuntutan persyaratan teknis mobil listrik MARLIP. “Detail design” tidak dapat ditampilkan karena menyangkut masalah properti intelektual.
Mudah-mudahan tulisan ini dapat memberikan gambaran, bagaimana sebuah desain dipertimbangkan secara matang agar layak mendapat “sertifikat lolos uji” dan “sertifikat layak jalan” untuk memenuhi syarat kehandalan jika akan di produksi secara komersial (industri).


Tidak ada komentar: