Minggu, 17 Februari 2008

MENGENANG MUNAS III – FKHMEI di Univ. Pancasila JAKARTA 17 s/d 22 Oktober 1994

Walaupun hanya menjadi formatur sekjend namun sangat berkesan...
Cerita sejara dikit :
Pembentukan FKHMEI berawal dari pertemuan sekolompok mahasiwa elektro yang juga aktif sebagai pengurus himpunan bertempat di Universitas Indonesia pada tahun 1987 kemudian dilanjutkan dengan pertemuan di ITB pada bulan Desember 1988. Pada tanggal 5 November 1988, betempat di ITS Surabaya resmilah wadah Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Elektro Indonesia yang disingkat FKHMEI ini dibentuk, untuk merumuskan berbagai persiapan-persiapan untuk pelaksanaan pertemuan Nasional pertama, maka dilaksanakanlah berbagai pertemuan dan diskusi termasuk diantaranya adalah : Pertemuan di Balai Sidang Jakarta pada bulan Maret 1988, Pertemuan di Universitas Brawijaya Malang pada bulan maret 1989 dan pertemuan di Sekolah Tinggi A.Yani Cimahi pada bulan September 1989.
MUNAS I-pada tahun 1990, dilaksanakan di Universitas Udayana Bali, MUNAS II- PADA TAHUN 1992 diselenggarakan pada tahun 1992 di Universitas Hasanuddin Ujung Pandang, MUNAS III-diselenggarakan di Universitas Pancasila pada tanggal 17 s/d 22 Oktober tahun 1994
(fofo-foto dokumentasi pribadi)
Musyawarah Nasional Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Elektro Indonesia (MUNAS FKHMEI) yang ke-III saat itu sebagai tuan rumah adalah universitas Pancasila Jakarta. Kegiatannya diselenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah, tepatnya di museum transportasi Nasional-TMII. Berbagai agenda kegiatan pada Munas kali ini yang diikuti oleh delegasi Himpunan Mahasiswa Elektro se-Indonesia (HME).
Hadir dalam acara; Pengurus FKHME periode 1992-1994, Alumni serta tamu undangan, Yang sempat saya ingat antara lain : Hendri (Sekjend FKHME, Setianto P Santosa dir STT/Telkom disaat itu beliau diundang untuk memberikan ceramah, yang saya sangat terkesan dari ceramah beliau adalah ketika asyik-asyiknya menyampaikan materi perkembangan dunia telekomunikasi tiba-tiba HP beliau berdering (maklum tahun 1994 HP belum seperti sekarang saat itu masih orang-orang tertentu yang bisa memiliki HP), selesai bicara kemudian dikeluarkanlah sim card Hp tersebut mnunjukkan kepada kami dan berkata “Coba anda lihat kecanggihan teknology cip sekecil ini mampu menyimpan data yang sangat banyak” dan teknology CIP seperti inilah yang akan mewarnai kehidupan manusia dimasa yang akan datang. Anehnya ko’ sudah tahu tapi ko’ saat itu tidak mulai bikin ya?..... Benner juga akhirnya sekarang kaya’nya kita seolah-olah sudah sangat tergantung dengan peroduk teknologi semacam itu.
Memasuki hari ke 3 Munas III semakin seru !! karena mulai membahas masalah-masalah internal organisasi, Ada yang mengkritik habis kepengurusan periode 1992-1994 dalam agenda laporan pertanggung jawaban Sekjend. Dalam sidang sidang komisi dan sidang pleno tidak jarang menemui kebuntuhan karena sebahagian besar peserta merupakan peserta yang baru dan kurang paham dan hanya sedikit senior yang hadir ketika itu, untungnya ada saudara Nasir Sony yang banyak tahu karena tahun 1992 pengalaman menjadi tuan rumah di UNHAS. Ketika memasuki tahapan pembentukan kepengurusan periode 1994-1996, maka pemilihan Sekretaris Jenderal mulai digelar, diawali dengan penjaringan kadidat Sekjend ketika itu rekan-rekan dari wilayah timur Indonesia menunjuk saya selaku calon Sekjend. Seru juga karena sesi ini berada pada sidang pleno III yang dilakukan dengan tahapan pencalonan Sekjend, Kampanye pake promotor dan pemilihan (pake kartu suara). Tim/delegasi kami saat itu : Masrah, Irwand Intje (skrg anggota DPRD Makassar), A Muntasir Muiz (skrg jadi Pengusahan), Agussalim Salossa (skrg sudah almarhum), A. Baso (teman jago main bola), serta rekan-rekan dari Unhas (Nasir Sony dkk) dan Poltek Unhas. Maju terus Mahasiwa Elektro Indonesia !!!
Menrut info Munas VII FKHMEI dilaksanakan di Pontianak

Tidak ada komentar: